Selasa, 14 April 2009

ROBOT CANTIK GESER MODEL

Teknologi yang makin canggih membuat robot tidak hanya menggantikan manusia dalam pekerjaan kasar dan berbahaya saja. Urusan lenggak – lenggok di atas catwalk yang butuh tubuh molek dan keluwesan kini juga mulai dirambah mesin pintar itu.

Dalam pameran yang diadakan National Institute of Advanced Industrial Science and Technology di Tokyo 16 Maret 2009 lalu, terlihat keseksian robot kini mulai mampu bersaing dengan model cantik. Para Insinyur perguruan tinggi terkemuka di Jepang itu mendemonstrasikan robot model yang diberi nama HRP-4C.

Robot tipe humanoid itu memiliki wajah yang cukup girlie dan mata agak besar. Dengan hidung kecil dan rambut sebahu, HRP-4C diprogram bisa melakukan 42 gaya yang biasa dilakukan para model sebenarnya ketika memamerkan busana di atas panggung. Bahkan, tidak hanya pandai berlenggak – lenggok, robot yang penampilannya mirip karakter cewek dalam komik Jepang (manga) itu juga ramah kepada siapa saja yang menyapanya.

Hello everybody, I am cybernetic human HRP-4C”, HRP-4C menyapa dengan suara merdu dan manja. Pemimpin riset Fashion Bot ini adalah Shuji Kajita. HRP-4C ini memiliki tinggi 158 cm, tinggi rata – rata perempuan Jepang berusia 19 – 29 tahun. Beratnya juga cukup ringan, hanya 43 kg termasuk baterai.

Menurut Shuji Kajita, HRP-4C dibuat untuk industri hiburan. Untuk sementara, robot model HRP-4C itu tidak dijual. Biaya riset Fashion Bot ini menghabiskan dana sekitar Rp.2,4 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar